Kebanyakan orang di muka bumi ini pasti sudah kenal dengan buah yang berciri khas berbentuk lambang cinta ini, Stroberi ya stroberi yang tak aneh lagi, buah yang paling banyak digemari walau rasanya agak asam namun sangat bikin seger.
 
 
Ada lebih dari 20 spesies Fragaria (nama latin dari Stroberi) di seluruh dunia.
Kunci pengelompokan spesies stroberi ini adalah berdasarkan jumlah kromosomnya. Ada tujuh jenis kromosom utama yang terdapat di seluruh spesies. Beberapa spesies adalah diploid yaitu mempunyai dua pasang dari ketujuh kromosom menjadikan jumlahnya 14 kromosom. Yang lainnya merupakan tetraploid yaitu memiliki empat pasang dari ketujuh kromosom menjadikan jumlahnya 28 kromosom, hexaploid (6 pasang), oktoploid (8 pasang) atau dekaploid (10 pasang).
Khasiat buah stroberi buah yang berwarna cerah ini banyak mengandung asam salisiat (salah satu jenis asam beta- hidroksi yang membantu mengencangan kulit), silika, serta vitamin B, C, E dan K. Dengan kemampuannya menyehatkan dan meremajakan kulit. Masker ini cocok digunakan untuk hampir semua jenis kulit. Dapat digunakan 2 kali dalam seminggu.
 
Cara Membuat dan Menggunakan Masker dari Stroberi
Hancurkan beberapa buah stroberi yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya usapkan 2 sendok makan hancuran stroberi tadi pada wajah dan biarkan selama 15 menit, setelah itu, bilas dengan air steril atau air hangat biasa. Untuk mendapat efek toning yang lebih kuat, tambahkan sedikit putih telur di kocok, satu sendok makan air mawar, dan beberapa tetes minyak esensial yang aman dengan kulit wajah.
Selain untuk masker wajah Stroberi juga bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami. Hampir semua obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat yang banyak dikandung stroberi. Karena itu, penggunaan masker stroberi sangat bermanfaat. Dan untuk mengobati jerawat caranya adalah : Haluskan stroberi, campur dengan sedikit yogurth, oleskan di wajah yang ada jerawatnya, namun untuk menghasilkan efek yang lebih bagus usahakan ke seluruh wajah walau yang tak berjerawat, diamkan selama kurang lebih 15 menit.